Potensi Kabupaten Magelang
Pasar Kebon Sejati

By Ifa Yulianti 19 Feb 2019, 12:05:22 WIB Wisata

Magelang adalah suatu daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Magelang saat ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara, karena memiliki daya tarik wisata tersendiri dengan ciri khasnya masing-masing.  Dengan adanya daya tarik wisata pada perkembangan zaman ini, sudah banyak desa yang memiliki potensi masing masing untuk menunjukkan bahwa di wilayahnya memiliki tempat atau spot yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk belajar dan rekreasi, seperti halnya di wilayah Borobudur.  Borobudur selain menjadi tempat bersinggahnya bangunan tua yang menjadi warisan dunia dan memiliki kandungan sejarah, Borobudur juga memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat menikmati keindahan karya Tuhan salah satunya sunrise. Selain di Borobudur, Kecamatan Mertoyudan juga memiliki wisata baru yang tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya, yaitu pasar kuliner tradisional yang bisa disebut dengan Pasar Kebon Sejati.

Pasar Kebon Sejati merupakan sebuah wisata baru yang dikelola oleh Karang Taruna dari dusun tersebut berada di wilayah Kabupaten Magelang lebih tepatnya yaitu berada di dusun Deyangan, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan. Letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur yang dinobatkan sebagai 7 keajaiban dunia. Waktu tempuh dari Candi Borobudur menuju Pasar Kebon Sejati kurang lebih 10 menit. Untuk mencapai lokasi pasar dari parkiran, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih selama 3 menit.

Disana terdapat berbagai makanan tradisional yang tentunya sudah jarang dijumpai diwilayah perkotaan pada era ini. Seperti halnya Tiwul, Klepon, Gethuk dan lain sebagainya. Cocok untuk wisatawan atau pengunjung yang menyukai kuliner-kuliner klasik. Untuk membeli makanan pengunjung diwajibkan untuk menukar uang rupiah dengan uang deye, satu deye seharga Rp 2000. 

Pasar yang mengangkat tema atau konsep Jawa - Bali ini selain sebagai wisata kuliner, disana juga terdapat berbagai pertunjukan yang dapat menyita perhatian pengunjung. Berbagai tarian Jawa atau Bali memeriahkan panggung pada setiap eventnya. Tak hanya tarian, tetapi juga ada drama kolosal bernuansa Jawa yang ditampilkan oleh Karang Taruna dari Dusun Deyangan.

Pasar Kebon Sejati sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dari wilayah Magelang maupun luar Magelang. Yang menarik lagi, wisatawan asing  dan pemain sinetron/bintang Iklan Ika Purtika pun juga mengunjungi Pasar Jawa Bali ini. Bagi yang suka berselfi-selfi ria, disana juga disediakan berbagai spot foto yang menarik dan dapat menghiasi background foto anda.

Perlu diketahui juga untuk pengunjung pasar kebon sejati bahwa disana dianjurkan untuk meminimalisir plastik. Jadi, untuk para pengunjung yang akan membawa pulang jajanan tersebut telah disediakan keranjang sebagai pengganti tas plastik dengan harga 2 Deye/pcs (Rp 4000).




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Kesenian Apa yang anda sukai di Pasar Kebon Sejati
  Gedruk Cowok
  Gedruk Cewek
  Teater Jawa Bali
  Sabdo Utomo
  Leak Bali

Komentar Terakhir

  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Dewi Safitriir

    Peremimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan pernyataan kontroversial ...

    View Article
  • Edo Ikfianda

    Setelah membentuk Timnas, PSSI versi KLB pimpinan La Nyalla Mahmud Matalitti menunjuk Alfred Riedl ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video